Himbauan bagi yang memiliki mobil

Hati-hati jika parkir di pusat keramaian seperti pasar, mall atau tempat hiburan ketika kita sudah keluar dari kendaraan dan ternyata pintu tidak dapat di kunci dengan remote. Sekedar mengingatkan, itu bukan berarti menandakan bahwa baterai remote sudah lemah. Kemudian jangan menggunakan kunci kontak untuk mengunci pintu secara manual. Karena bisa saja mobil kita sudah terkena ‘remote jamming’ dari kendaraan yang lain parkir tidak jauh dari kendaraan anda.

Kejadian ini pernah dialami oleh seseorang beberapa waktu lalu.

Saat ingin meninggalkan mobil, pintu tidak dapat di kunci dengan remote. Karena terburu-buru, akhirnya menggunakan kunci kontak untuk mengunci pintunya. Namun alangkah kaget ketika ia kembali ke mobil. Karena ia mendapati bahwa pintu mobilnya sudah dalam keadaan tidak terkunci dan laptop yang berada di bagian jok belakang sudah raib.

Setelah diperhatikan, ternyata lubang kunci di pintu sudah di jebol menggunakan kunci T, termasuk rumah pintu kunci kontak. Namun masih beruntung karena mobil tidak di bawa kabur mungkin karena ramainya keadaan di lokasi.

Lantas, apa hubungannya dengan ‘radio jamming’? Alatnya yang disebut dengan radio jammer yang di desain untuk mengacaukan sinyal sehingga suara yang keluar terdengar tidak sempurna.

Di negara lain, radio jammer dimanfaatkan untuk menyikat mobil, atau minimal sebagai trik bagi pencuri untuk mengambil barang yang berada di dalam mobil. Dengan alat ini, sistim alarm dan central lock mobil dapat mengalami kekacauan atau kerusakan.


Kesimpulannya, jika anda mengalami hal serupa dimana pintu mobil tidak dapat terkunci menggunakan remote, sebaiknya anda batalkan untuk parkir di area tersebut. Cobalah untuk pindah tempat yang agak jauh dari jangkauan radio jammer tersebut. Jangan mengambil resiko.

No comments:

Post a Comment