Siapakah penemu SPION? | BC Lucu

SPION, merupakan sepasang kaca yang biasanya ditemukan pada bagian kanan dan kiri kendaraan. Dan pastinya SPION sangat bermanfaat untuk mencegah pengendara terkena tabrakan yang diakibatkan dari belakang karena adanya pengendara lain yang ingin memotong, atau bisa juga sangat bermanfaat bagi kendaraan roda empat saat ingin parkir.

Begitu besarnya manfaat kaca SPION kan?

Kalau anda pernah terfikir siapakah penemu kaca SPION? Well, ternyata penemu SPION adalah asli orang Indonesia lho. Berikut kisah beliau menemukan kaca SPION.

Penemu kaca Spion adalah Bejo, berasal dari Bojonegoro. Pada tahun 1824, Bejo bersama temannya Yono sedang mengendarai sebuah kendaraan roda empat (yang saat itu belum sempurna keadaannya seperti sekarang ini) tanpa menggunakan Spion. Setiap dia ingin mendahului kendaraan atau berbelok, Bejo selalu bertanya “Sepi Yon..? Sepi Yon..?”.

Dan ternyata itulah yang menjadi inspirasi si Bejo untuk melihat ke belakang dengan memasang kaca pada mobilnya. Saat kaca sudah terpasang, bejo bingung ingin memberikan nama apa pada sepasang kaca yang telah di pasangnya. Dan teringat jasa serta pertanyaan yang selalu ia lontarkan pada temannya sebelum ia memasang kaca tersebut, maka ia beri nama SPION.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment